Puncak Cap Goh Meh 2013, Pawai Barongsay Hiasi Kota Bandung

(SEPUTARJABAR.COM, BANDUNG) Kirab budaya Barongsay hiasi Kota Bandung dalam acara perayaan “Cap Goh Meh”, Vihara Dharma Ramsi sebagai penyelenggara perayaan telah menyebar 3000 undangan untuk meriahkan acara puncak 15 hari setelah Imlek 2564 ini.

“Seharusnya acara diselenggarakan tanggal 24 Februari 2013 yang lalu, tapi karena bertepatan dengan pelaksanaan Pilgub Jabar minggu lalu, akhirnya baru dapat diselenggarakan besok, kita mengundang se pulau jawa, atau sekitar 3000 undangan” jelas Andreas Sutanto, humas penyelenggara Kirab Budaya kepada seputarjabar.com, di Vihara Dharma Ramsi, Jalan Cibadak, Bandung, Jum’at (1/3/2013) Siang.

Sebagai salah satu budaya nusantara yang juga milik seluruh masyarakat nusantara, kirab ini juga penting sebagai upaya pelestarian budaya.

 “Kita ingin ada suatu kesatuan atau kekompakan antara keturunan tonghoa dengan warga pribumi, karena itu sudah menjadi budaya nusantara, bukan hanya milik warga tionghoa tapi ini milik seluruh warga
masyarakat”

Acara yang juga sudah menjadi agenda rutin tahunan ini juga mendapat dukungan dari Pemkot Bandung dalam penyelenggaraannya, Vihara Dharma Ramsi berpartisipasi dalam mensukseskan acara yang menjadi program pemerintah kota.

“Ini juga sudah menjadi agenda rutin disini kita juga berpartisipasi mensukseskan acara yang menjadi
program pemerintah, apalagi kota bandung sebagai sebagai kota agamis dan kota seni budaya” tambahnya.

Rencananya besok istri almarhum mantan Presiden RI Abdurachaman Wahid (Gus Dur), Shinta Nuriyah Wahid akan menghadiri acara perayaan Cap Goh Meh ini.

“Rencana ibu Shinta Nuriyah Wahid akan hadir besok, kami juga menunggu konfirmasi kehadiran bapak Haji Jusuf Kalla mantan Wakil Presiden RI” tukasnya.

Sekitar 1,5 juta orang akan memadati acara ini, Satlantas Polrestabes Bandung juga akan melakukan buka tutup jalan secara situasional.(Don/Sayah Andi)

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: