Wagub Jabar Deddy Mizwar Di Festival Batik Nusantara : Pelestarian Batik, Bordir dan Tenun Harus dimulai Sejak Dini

(SJO, BANDUNG) Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar membuka Festival Batik, Bordir dan Tenun di Nusantara di Graha Manggala Siliwangi, Jalan Aceh no.66, Kota Bandung,  Rabu  (7/05/2014) Pagi.

Dikatakannya Jawa Barat merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki keanekaragaman motif batik, keunikan bordir dan kekhasan tenun. Untuk itu pelestarian batik, bordir dan tenun harus dimulai sejak dini

“Acara seperti ini tentu dapat memperkokoh fondasi sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Jawa Barat, sehingga mampu meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi daerah, serta menjadi penunjang upaya pengurangan pengangguran dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tutut Deddy dalam sambutannya.

Foto : Wagub Jabar Deddy Mizwar melihat-lihat motif batik di Festival Batik, Bordir dan Tenun Nusantara, Deddy terkesan dengan dengan Batik Sinara yang berasal dari Solo Jawa Tengah. Acara yang digelar di Graha Manggala Siliwangi Bandung dari tanggal 7-12 Mei 2014 mulai pukul 10.00 sampai 20.00 Wib (Viorizza/Seca)

Deddy berharap festival ini dapat menjadi media untuk para pelaku usaha dan konsumen, sekaligus sarana sharing diantara para stakeholder terkait, khususnya para pelaku usaha batik, bordir, dan tenun.

Acara dilanjutkan dengan peninjauan batik oleh Wagub, Ia terkesan dengan batik Sinara yang berasal dari solo jawa tengah. “yang ini lucu ya, motifnya uniq”  kata Deddy usai membeli salah satu batik di stand.

Event ini bertujuan untuk mempertegas batik, bordir dan tenun merupakan warisan leluhur dari Nusantara. Selain itu, event ini bertujuan juga untuk mengembangkan sektor jasa dan perdagangan di bidang industri warisan budaya Adil luhung. Kedepan pihak penyeleggara berharap dapat menggelar kegiatan serupa setahun sekali.

Festival Batik, Bordir dan Tenun Nusantara ini merupakan event terbesar dengan mengikutsertakan pengrajin, pengusaha, perancang busana batik, bordir dan tenun  dari seluruh nusantara.“ya, sampai saat ini ada kira-kira 50 stand dari seluruh Nusantara yang ikut acara ini” ujar Andi sebagai wakil ketua panitia.

Diselenggarakan oleh Maxxindo Communication bekerjasama dengan Krishna Studio selaku Event Organizer, acara ini digelar di Graha Manggala Siliwangi Bandung dari tanggal 7 – 12 Mei 2014 mulai pukul
10.00 sampai 20.00 WIB.(Viorizza/Seca)

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: