Biasa Hadapi Kebakaran dan Bencana, DPKPB Purwakarta Dilatih Atasi Ular

PURWAKARTA – Pelatihan penanganan hewan melata jenis ular, digelar Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kabupaten Purwakarta, terhadap sejumlah pegawainya, pada Selasa (14/1).

Fenomena kemunculan hewan melata jenis ular beberapa waku lalu di sejumlah daerah, menuntut petugas DPKPB Purwakarta, untuk lebih sigap dan tanggap terhadap fenomena ini.

Menurut Andri Ekanoviana, salah satu peserta pelatihan, mengatakan, untuk bisa dan mampu menangani hewan liar jenis ular ini.

“Awalnya sangat takut tetapi setelah diberikan trik trik cara penenganannya, akhirnya rasa ketakutan meruha menjadi berani karena tuntutan tugas pekerjaan,” ujarnya.

Dilokasi pelatihan, Muhammad Asarizal pemberi materi pelatihan penanganan ular mengatakan, dengan fenomena kemunculan ular di sejumlah daerah beberapa waktu lalu, menuntut para petugas DPKPB Kabupaten Purwakarta, untuk lebih sigap dan tanggap, apabila ada laporan dari warga terkait kemunculan ular.

“Untuk itu para petugas pun dituntut berani dengan bekal ilmu pengetahuan dan trik trik cara penanggulangan ular dari pelatihan,” katanya.

Dijelaskannya, dari pelatihan penanganan ular ini, ada beberapa trik untuk menangkap ular beberbagai jenis, diantaranya saat menangkap ular di bagian kepalanya posisi tubuh kita harus ada dibelakang kepala ular, dan trik menggunakan tongkat sebagai alat bantu untuk mengunci bagian kepala ular, serta trik trik cara penaganan ular lainnya.

“Semoga dengan pelatihan penanganan hewan liar ini, semua pegawai khususnya pegawai DPKPB Kabupaten Purwakarta, mampu mengatasinya, apabila ada laporan warga masyarakat Purwakarta adanya penanggulangan hewan berbahaya lainnya seperti Ular, tawon dan binatang lainnya yang kiranya dapat membahayakan,” ucap, M Asarizal. (DeR)

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: