Pertambahan Hotel Capai 29 Persen

BANDUNG–Jumlah kamar hotel di Bandung pada 2013 diperkirakan mencapai 20.000, naik 29 persen dari proyeksi akhir tahun 2012 sebesar 15.500 kamar.

“Potensi bisnis perhotelan di Jawa Barat, khususnya Bandung sangat besar,” kata Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat, Herman Muchtar, dalam Seminar Bandung Tourism Outlook 2013 di Bandung, hari ini.

Pada tahun 2011, kata dia, jumlah kamar hotel di Bandung baru mencapai 11.000 kamar, dan dihartapkan bisa meningkat menjadi 15.500 hingga akhir tahun 2012. “Dilihat berdasarkan jumlah unitnya, hingga kini hotel di Bandung berjumlah 168 buah,” kata Herman.

Herman mengungkapkan, rata-rata tingkat okupansi mencapai 60 persen. Bahkan untuk beberapa hotel, tingkat okupansinya mencapai 200 persen. “Tidak heran jika banyak pengusaha yang ingin membangun hotel disini,” kata dia.

Menurut dia, dalam waktu dekat, setidaknya akan 10 hotel yang dibangun didaerah Cihampelas, dari saat ini 3 hotel. Sayangnya kata dia, pertumbuhan ini belum didukung pengembangan potensi wisata yang memadai.

“Untuk itu pemerintah harus segera membenahi dan membangun potensi destinasi wisata, misalnya Tangkuban Perahu, Kawah Putih, atau Maribaya yang saat ini kondisinya memprihatinkan,” lanjut Herman.

Hingga kini, wisatawan domestik yang masuk ke wilayah Jawa Barat baru sebanyak 7 juta per tahun, dari total 42 juta wisatawan tiap tahunnya secara nasional.

Sementara untuk wisatawan mancanegara, jumlahnya bahkan baru sejumlah 425.000 orang, dari total sekitar 17 juta setiap tahunnya secara nasional.

“Dari sisi potensi, wisatawan Malaysia, Singapura, China dan Belanda bisa digarap, karena permintaan turis-turis dari negara tersebut semakin meningkat tiap tahunnya,” tutup Herman.(bsc)

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: