Masa Pensiun Perlu Direncanakan Sebaik Mungkin

(SJO, KAB.BB) Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Dedi Kusnadi Thamim mengatakan memasuki masa pensiun perlu direncanakan sebaik mungkin, karena beban hidup sudah lebih ringan mengingat telah terbebas dari beban kerja yang sangat menyita waktu, tenaga dan pikiran. Namun pada kenyataannya sering ditemui keadaan yang ironis dengan dibebani oleh beban hidup yang berat karena masih harus menanggung biaya hidup anak-anak dan keluarga, sementara disisi lain pendapatan berkurang.

Hal tersebut dikatakan Pangdam III/Siliwangi saat memberikan pembekalan kepada para prajurit dan Pegawai Negeri Silip (PNS) Kodam III/Siliwangi yang akan memasuki masa persiapan pensiun bertempat di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Jalan Kayu Ambon No. 82 Lembang Kabupaten Bandung Barat, Senin (16/12).

Pelatihan tersebut diikuti oleh 300 peserta terdiri dari prajurit dan PNS, dibagi dalam dua gelombang akan berlangsung selama seminggu mulai 16 s.d. 21 Desember 2013. Para peserta akan mendapat pelatihan keterampilan di bidang pertanian, pertukangan dan perbengkelan.

Lebih lanjut diungkapkan Pangdam, persiapan masa purnabakti (pensiun) perlu diupayakan dilakukan secara sistematis., sehingga seorang calon Prajurit/ PNS pensiunan siap menghadapi bahkan diharapkan dapat mengembangkan minat dan hobbynya menjadi sesuatu yang menghasilkan secara ekonomi.

Pangdam mengharapkan agar penataran yang akan diikuti bisa dimanfaatkan sebaik mungkin,
sehingga diperoleh hasil yang maksimal sebagai bekal pengetahuan dan keterampilan setelah pensiun nanti.

“Saya turut berbahagia, sekaligus bangga kepada kalian karena telah melaksanakan tugas dan pengabdian sebagai prajurit dan PNS sampai menjelang purna tugas dengan baik dan lancar,” tutur Pangdam.

Keberhasilan itu menurut Pangdam merupakan prestasi yang cukup membanggakan, karena disadari menjadi prajurit dan PNS tentu banyak dinamika serta tantangan, dan apabila  tidak bisa mengendalikannya, maka tidak mustahil akan menjadi kendala dalam menyelesaikan pengabdian kepada bangsa dan negara. (Pendam III/Slw/Glh/DnSc).

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: