Monumen Lingga Yoni Koleksi Baru Museum Mandala Wangsit Siliwangi

(SJO, BANDUNG) Koleksi benda bersejarah Museum Madala Wangsit Siliwangi bertambah satu lagi dengan hadirnya Monumen Lingga Yoni yang diserahkan oleh Komunitas Masyarakat Jawa Barat kepada Kodam III/Siliwangi yang diwakili oleh Kabintal III/Siliwangi Kolonel Arh Hindro Martono di Museum Mandala Wangsit Siliwangi Jalan Lembong No. 32  Bandung, Minggu (22/12).

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Dedi Kusnadi Thamim dalam sambutanya yang dibacakan Aspers Kasdam III/Siliwangi Kolonel Inf Abdurrahman menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Komunitas Masyarakat Jawa Barat yang menyerahkan Monumen Lingga Yoni sebagai wujud kepedulian dalam pelestarian benda bersejarah.

Kepedulian yang ditunjukkan oleh Komunitas Masyarakat Jawa Barat menurut Pangdam menjadi inspirasi dan motivasi bagi semua pihak untuk memiliki kepedulian akan pentingnya pelestarian benda-benda bersejarah.

Diungkapkan Pangdam fungsi museum tidak saja menjadi tempat pengumpulan dan pengamanan warisan alam dan budaya, tempat dokumentasi dan penelitian ilmiah dan penyebaran informasi keilmuan saja, tetapi juga sudah menjadi sarana pendidikan dan wisata yang merupakan cermin sejarah manusia, alam dan budaya.

Pangdam mengharapkan dengan adanya penyerahan Monumen Lingga Yoni akan menambah khasanah koleksi benda-benda yang ada di Museum Mandala Wangsit Siliwangi demi pelestarian dan kelengkapan sejarah perjuangan bangsa Indonesia secara umum.

Dijelaskan Pangdam  Museum Mandala Wangsit Siliwangi didirikan sebagai wahana untuk pelestarian dan pewarisan nilai-nilai kejuangan ’45 kepada generasi muda, agar kesadaran serta penghayatan terhadap sejarah perjuangan bangsanya tetap utuh.    Beberapa benda koleksi yang bernilai sejarah tersebut, merupakan peninggalan sejarah dari kurun waktu antara masa perjuangan kemerdekaan, masa perang kemerdekaan dan masa selanjutnya yang berhubungan dengan perjuangan Divisi Siliwangi.

Pangdam mengharapkan koleksi benda-benda bersejarah yang dimiliki oleh museum mandala wangsit siliwangi ini akan semakin bertambah dan berguna bagi keutuhan sejarah perjuangan bangsa Indonesia. (Pendam III/Slw/Dn)

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: