Brader Parbud Motor Club tempat PNS Hobi Momotoran

Komunitas ini bernama Brader Parbud Motor Club yang anggotanya adalah para PNS di lingkungan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat. Nama Brader yang berasal dari ‘brother’ dengan makna saudara merupakan kependekan dari Baraya Riders, sedangkan Parbud adalah Pariwisata dan Kebudayaan. Sampai sekarang lni anggotanya baru 40 orang, karena komunitas baru terbentuk 20 Juli 2012 kemarin dan baru melakukan dua kali turing. Kedua turing yang dilakukan pun masih bertujuan sederhana yakni untuk meramaikan pelaksanaan program – program setiap bidang di Disparbud Jabar yang dilaksanakan di luar kota.

“Kami membentuk komunitas motor antar teman sekantor ini karena ada kesamaan hobi, suka “momotoran’ (ke mana-mana dan turing naik motor, red). Kami juga memang sering pakai motor kalau ke kantor atau kalau ada acara kumpul – kumpul bersama teman kantor di luar kantor. Dari situ barulah tercetus ide agar dibentuk komunitas motor yang bisa meramaikan setiap acara – acara yang digelar Disparbud, terutama acara yang di luar kota,” kata Asep Mulyana S.Sos., MM, yang dipercaya sebagai Ketua Brader Parbud Motor Club saat ditemui di ruang kerjanya, belum lama.

Awal dibentuknya komunitas itu diakui Asep hanyalah untuk meramaikan acara – acara yang digelar disparbud Jabar. Dicontohkannya saat Disparbud menyelenggarakan West Java Kite Festival 2012 akhir Juli lalu di Bumi Perkemahan Kiarapayung, Jatinangor – Sumedang, Brader Parbud Motor Club melakukan turing pertamanya dari Bandung ke Sumedang.

Di sana mereka ikut meramaikan suasana dan ikut membantu jalannya kegiatan acara, Kemudian saat Disparbud Jabar menggelar acara Wisata Ramadan Bersama Gubernur Jawa Barat di Cikajang, Kabupaten Garut, Jumat (3/8) Ialu, klub motor Parbud ini pun ikut meramaikan suasana dengan sebelumnya melakukan turing dari dari Bandung ke Cikajang, Garut. Semua anggota bebas untuk menggunakan motor apa saja, yang penting bisa kuat jalan jauh.

“Kami berangkat siang dan sampai menjelang sore di Cikajang. Saat acara berlangsung kami pun ikut membantu membagi – bagikan makanan dan minuman kepada masyarakat di area acara untuk takjil bersama,” ujar Asep.

Sang ketua yang di instansinya sendiri menjabat sebagai pelaksana bidang kepariwisataan di Disparbud Jabar ini menuturkan bahwa hobi ‘momotoran’ ke tempat – tempat wisata itu sangat sejalan dengan tugas dan pekerjaan yang digeluti para anggotanya di Disparbud Jabar. Setidaknya kedatangan para Brader Parbud Motor Club ke lokasi wisata itu akan menjadi kegiatan positif, karena akan membantu program – program yang dijalankan setiap bidang di Disparbud dan secara tidak langsung akan membantu promosi objek wisata.

“Hadirnya komintas ini di lingkungan Disparbud Jabar saya kira akan lebih meningkatkan hubungan silaturahmi antar pegawai dan meningkatkan sinergitas program di setiap bidang,” katanya. (sumber: disbudpar jabar)

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: