Melongok Penggemar Merpati di Bogor

Bagi sebagian orang, burung merpati menjadi peliharaan yang menyenangkan karena sifatnya yang jinak. Selain itu, burung merpati juga dapat menjadi kebanggaan dan lambang eksistensi tersendiri bagi seseorang jika burung kesayangannya memenangkan perlombaan. Seperti yang dijalani komunitas pecinta merpati tinggi di Kota Bogor, Jawa Barat.

Setiap hari mereka melatih burung merpati jenis terbang tinggi di kawasan Warung Jambu. Merawat burung aduan memerlukan perhatian tersendiri. Bagi pemilik burung seperti Rizki Yohanes, perhatian terhadap burung kesayangannya tak terlewatkan setiap saat. Ia bahkan menyewa dua orang Yogi dan Eka untuk merawat burung-burung andalannya yang berjumlah delapan pasang.

Bagi Yogi dan Eka, kecintaannya terhadap merpati mempermudah tugasnya merawat burung merpati balap. Selain kondisi kandang yang harus dibersihkan setiap saat, burung juga diberi pakan pilihan berupa beras merah. Tak hanya itu burung juga diberi jamu berupa telor dan madu, serta dipijat. Keduanya juga rajin menjemur dan melatih burung asuhannya.
   
Setiap akhir pekan menjadi moment tersendiri bagi pemilk maupun perawat burung merpati aduan untuk melihat kemampuan burungnya. Mereka tak melewatkan perlombaan yang diselenggarakan Persatuan Pecinta Merpati Tinggian Bogor PPMTB setiap Sabtu. Belasan hingga puluhan peserta dari berbagai wilayah Bogor dan sekitarnya berpartisipasi dalam ajang mencari bibit burung balap terbaik.

Untuk merangsang peserta, panitia menyediakan sejumlah hadiah diantaranya uang. Tak hanya mengejar hadiah, pemilik burung juga akan merasakan kehormatan jika burung kesayangannya memenangkan perlombaan. Dan yang pasti burung pemenang lomba harganya akan melambung hingga jutaan bahkan puluhan juta rupiah per ekor.
   
Bagaimana serunya perlombaan burung merpati tinggian? Bagaimana cara merawat burung merpati aduan? Faktor apa saja yang harus diperhatikan agar burung merpati memenangkan perlombaan? (sumber: mncnews)

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: