Forum Sejawat: Polisikan Pejabat Ancam Bunuh Wartawan

(SJO, BANDUNG) – Aktivis Forum Solidaritas Jurnalis Jawa Barat (SEJAWAT) Zainal Muttaqien menilai tindakan Kepala Dinas Cipta Karya Kabupaten Karawang,  Dedi Ahdiat, mengancam akan membunuh wartawan terkait pemberitaan setbagai tindak pidana yang harus diproses hukum.

“Polisikan saja pejabat yang arogan seperti itu,” kata wartawan senior anggota Aliansi Jurnalis Independen (AJI), itu di Bandung, Rabu (15/1/14).

Menurut  Zainal,  ancaman pembunuhan tersebut  sudah masuk wilayah hukum pidana, selain diduga melanggar Undang-undang Pers dan Undang-undang nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

“Proses hokum diperlukan untuk memberi pelajaran kepada pejabat publik bersangkutan agar tidak berlaku arogan dan sewenang-wenang,” katanya.

Zainal menegaskan, kasus terkait pemberitaan mestinya diselesaikan menurut aturan yang berlaku. Kepala DCK tersebut bisa menempuh hak jawab untuk melakukan klarifikasi bila menganggap isi pemberitaan tidak benar. “Kalau tidak puas dengan cara tersebut bisa mengadu ke Dewan Pers”.

Seorang pejabat publik, kata Zainal , semestinya bertindak humanis dan mampu mengendalikan emosi. Boleh tegas, tetapi bukan berarti membentak-bentak, memaki-maki, bahkan mengancam akan membunuh karena tidak senang dengan pemberitaan. (R01)


Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: