Jumlah Pemudik Tahun Ini Diperkirakan 27,9 Juta

(SJO, JAKARTA) – Kemenhub memperkirakan jumlah pemudik pada lebaran tahun bakal meningkat 6,99% dibanding tahun lalu. Menurut hasil survei yang digelar Kemenhub, sebanyak 27,9 juta penduduk Indonesia akan melakukan mudik lebaran 2014.

“Jadi hampir 28 juta penduduk mudik lebaran. Setiap provinsi mudik,” kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemenhub Elly Adriani Sinaga saat pemaparan hasil survei mudik lebaran 2014, di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin (12/5).

Lebih jauh dipaparkan, bahwa hasil survei tersebut menunjukan adanya peningkatan jumlah pemudik 6,99% dibandingkan mudik tahun lalu yaitu 25.6 juta orang. Penyebab utama masyarakat yang melakukan mudik lebaran 2014 meningkat, karena 12 wilayah yang menjadi sampel survei mengalami peningkatan jumlah penduduk. “Penduduk kita di 12 provinsi ini melakukan mudik lebaran,” ujarnya.

Dalam melakukan survei, Balitbang Kementerian Perhubungan mengambil sampel pada 12 wilayah, Sumatera Utara, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur.

Terungkap pula, bahwa prediksi pemudik pada lebaran 2014 dari Jabodetabek akan bertumpuk di jalan raya. Pemudik Jabodetabek, 48% akan melewati pantura, di mana 61% menuju Jawa Tengah dan 39% ke Jawa Timur. Jalur Selatan akan dibebani 38% pemudik Jabodetabek, 4% menuju Bogor, Sukabumi, Cianjur dan Bandung, serta 10% menuju ke Barat. (R21)

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: