Pemprov Prioritaskan Pembangunan Jalan

(SJO, BANDUNG) – Pemerintah Provinsi (pemprov) Jawa Barat mengalokasikan anggara APBD 2014 Rp 644 miliar untuk sektor insfrastruktur.

Dari besaran tersebut, akan diprioritaskan untuk peningkatkan jalan provinsi sepanjang 60 km karena masih dalam kondisi kurang mantap. Seperti ruas jalan Curuk kosambi, batujaya, parung bonar dan parompong.

“Pada ruas jalan tersebut, sudah ditetapkan akan menjadi skala prioritas untuk diperbaiki. Harapannya, dengan target ini di tahun 2014 seluruh jalan di Jabar ada dalam kondisi mantap 100 persen,” kata Kepala Dinas PU Bina Marga Jawa Barat M Guntoro, saat di temui di gedung DPRD Jabar, Rabu (08/01/2014).

Selain jalan tersebut, lanjut Guntoro, Dinas Bina Marga juga akan menyelesaikan pekerjaan trase III untuk Jalan Lingkar Sukabumi, dimana pada trase I sepanjang 6,7 km sudah selesai, Trase II sepanjang 2 km juga sudah dan tahun 2014 akan diselesai untuk trase III yaitu sepanjang 3 km.

“Jadi masih ada trase V dan VI yang insya Allah, ruas jalan lingkar Sukabumi dapat rampung pata tahun 2016,” ujarnya.

Guntoro mengungkapkan, pihaknya kini tengah mempersiapkan beberapa kegiatan yang akan dilelang melalui LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik). Diperkirakan pada pertengahan bulan Januari sudah diadakan lelang proyek.

Saat ditanya berapa besaran dana infrastruktur yang berasal dari APBN 2014 yang masuk ke Dinas Bina Marga Jabar, secara pastinya belum tahu, karena sampai saat ini kita belum menerima laporan definitive dari pihak Kementerian Pekerjaan Umum.

“Kepastian besarannya belum tahu, tapi kita berharap lebih besar dari tahun sebelumnya, agar seluruh ruas Jalan di wilayah Jawa Barat baik itu, Jalan Nasional maupun Provinsi, dalam keadaan mantap,” harap Guntoro. (r22)

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: