KPU Gelar Debat Capres Cawapres Mulai 8 Juni

(SJO, JAKARTA) – Sesuai tahapan Pemilu, KPU menjadwalkan debat Capres dan Cawapres mulai 8 Juni sampai 5 Juli 2014. Debat tersebut akan ditayangkan televisi nasional secara bergiliran,

Menurut Komisioner KPU RI Ferry Kurnia Rizkiyansyahm  jadwal di masing-masing stasiun TV telah diundi di Gedung KPU, Jakarta, pekan lalu. Berikut jadwal debat tersebut seperti dirilis Humas KPU:

1. Debat Capres yang pertama dilaksanakan pada Minggu, 8 Juni 2014, ditayangkan oleh SCTV dan Berita Satu;

2. Debat Cawapres yang pertama dilaksanakan pada Minggu, 15 Juni 2014, ditayangkan oleh oleh Metro TV dan Bloomberg;

3. Debat Capres yang kedua dilaksanakan pada Minggu, 22 Juni 2014, ditayangkan oleh TV One dan ANTV;

4. Debat Cawapres yang kedua akan dilaksanakan pada Jumat, 27 Juni 2014, ditayangkan oleh RCTI dan MNC Group.

5. Debat gabungan pasangan Capres dan Cawapres akan dilaksanakan pada Sabtu, 5 Juli 2014, ditayangkan oleh TVRI dan Kompas TV.

“Jadwal penayangan tersebut disesuaikan dengan Peraturan KPU Nomor 16 Tahun 2014 Tentang Kampanye Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden, dimana pelaksanaan debat dilakukan sebanyak 5 (lima) kali dengan ketentuan dua kali untuk capres, dua kali untuk cawapres, dan satu kali untuk pasangan capres-cawapres,” kata Ferry Kurnia.

Komisioner KPU Sigit Pamungkas menambahkan, tema dan konsep debat yang nantinya akan diurai harus mendapatkan persetujuan dari pasangan Capres dan Cawapres, karena hal tersebut tercantum dalam peraturan pelaksanaan acara debat Capres-Cawapres.

“Tema debat harus disetujui oleh pasangan calon, dan beliau (pasangan Capres-Cawapres) tidak keberatan atas konsep media dalam menggarap acara debat yang nantinya akan dijalankan, sehingga nantinya acara ini dapat berjalan menarik dan informatif, sekaligus tidak memicu sentimen negatif dari audience,” kata Sigit.

Ferry Kurnia Rizkiyansyah berharap, acara debat Capres-Cawapres ini nantinya dapat ditayangkan oleh semua media televisi, baik secara langsung ataupun me-replay dari stasiun TV pelaksana acara debat, sebagai wujud kerjasama dan kepedulian media dalam pelaksanaan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2014. (*)

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: