1 Juni 2014 PT KAI Berlakukan Perubahan Jadwal KA

(SJO, BANDUNG) Mulai 1 Juni mendatang PT KAI tetapkan perubahan grafik perjalanan kereta api (GAPEKA) guna menyesuaikan kebutuhan masyarakat akan jasa transportasi KA.

Dalam Gapeka 2014 terdapat penambahan jumlah KA seperti KA penumpang jarak jauh di jawa misalnya mengalami tambahan 44 KA dari tahun sebelumnya. Khusus untuk KA dengan tujuan Jakarta, terjadi perubahan jam keberangkatan, ini dilakukan guna menghindari penuhnya traffic perjalanan KA di lintas Jabodetabek pada jam-jam sibuk, sedangkan KA barang ditambah 15 KA dari tahun sebelumnya.

Jalur ganda KA lintas utara jawa yang telah siap dioperasikan menjadi faktor mengapa diberlakukan GAPEKA 2014 ini. Selain itu, perpanjangan relasi perjalanan beberapa KA menjadi faktor dalam pemberlakuan GAPEKA 2014 ini.

Terkait mulai dioperasikannya jalur ganda KA Lintas Utara Jawa, frekuensi persilangan dan Penyusulan KA pada Gapeka 2014 mengalami penurunan drastis dari Gapeka 2013 yakni dari 18.863 persilangan/penyusulan menjadi 7643 persilangan/penyusulan. Selain itu, beroperasinya jalur ganda KA juga meningkatkan kapasitas Lintas.

Berlakunya Gapeka 2014 ini juga diharapkan dari sisi angkutan barang, dapat menarik minat para pengusaha untuk beralih dari transportasi truk ke KA agar dapat mengurangi polusi udara.(Viorizza)

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: