Kerusakan Jalan Sarasa-Garuda Sukabumi Diperparah Overload Beban

(SJO, BANDUNG) – Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan melalui Kepala Dinas Bina Marga Propinsi Jabar Guntoro, telah merespon aspirasi warga di Kota Sukabumi, terkait kerusakan jalan Sarasa-Garuda.  Jalan yang menghubungkan kota dan kabupaten Sukabumi tersebut akan segera diperbaiki.

Secara terpisah, Kepala Balai Pengelolaan Jalan Wilayah Pelayann (BPJP) II, Dinas Bina Marga Propinsi Jawa Barat, Eryanto didampingi Kepala Seksi Pemeliharan, Apit Bachrul dan Kepala Seksi Pembangunan, Ruchiyat kendati mengakui kerusakan jalan yang berada di dua kecamatan di Kota Sukabumi itu, tetapi  juga menyayangkan lintasan tersebut dilalui kendaraan besar.

”Kemampuan beban jalan tersebut hanya untuk kendaraan kecil saja. Sementara kendaraan yang melintasi truk pengakut kelas berat. Sehingga yang terjadi kerusakan jalan semakin parah,” kata Eryanto.

Untuk merehabilitasi perbaikan jalan di di Kota Sukabumi, kata Eryanto akan secepatnya dilakukan dinasnya. Bahkan beberapa titik lintaan badan jalan akan dilakukan pembetonan. Diperkirakn sepanjang 1.3 Km jalan yang menghubungi Sarasa-Garuda dibeton secara acak.

Kerusakan di jalur tersebut tidak hanya dampak intensitas curah hujan semakin meningkat, tetapi kerusakan juga diperparah akibat lintasan kendaran truk pengangkut overload. Kekuatan jalan hanya mampu memikul beban 20 ton, malah dilindas truk berukuran besar dengan muatan kisaran 40 ton.

“Mudahan dengan metode pembetonan badan jalan berusia panjang,” kata Eryanto. (adv)

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: